Inilah Super Computer Buatan China Yang Mengalahkan Amerika

Negara-negara besar tampaknya sedang berkompetisi dalam membuat super komputer tercepat di duniaDi antara negara-negara yang mengembangkan komputer tersebut adalah China, Amerika Serikat, Jepang dan Jerman. Dan China berhasil memenangkan kembali gelar komputer tercepat dengan produk mereka Tianhe-2. Berikut ulasannya:

1. Tianhe–2 alias Milky Way-2

Tianhe-2 secara harfiyah berarti Bima Sakti generasi kedua, adalah pemenang komputer tercepat di dunia. Untuk mencapai hasil yang luar biasa itu, Tianhe-2 menggunakan 3,12 juta inti (core). Komputer ini menghabiskan daya 17,808 kilowatts dan secara teori mampu menyentuh kecepatan 54,9 petaflop.
super computer tianhe 2
super computer tianhe 2
Superkomputer yang dikembangkan oleh China's National University of Defense Technology ini berhasil membawa pulang gelar komputer tercepat di dunia untuk keempat kalinya. Perangkat ini mempunyai kinerja 33,86 petaflops (quadrillions perhitungan per detik).
Salah satu keunikan yang dimiliki oleh Tianhe-2 adalah di komponennya. Nyaris semua perangkat yang terdapat dalam superkomputer ini dibuat dan dikembangkan langsung di negeri Tirai Bambu. Hanya satu bagian utama yang dibuat di luar negeri, yaitu prosesor. Pihak pembuat Tianhe-2, National University of Defense Technology, memercayakan bagian penting tersebut kepada Intel.
"Tianhe-2 memiliki 16.000 node, masing-masing dilengkapi dua prosesor Intel Xeon dengan arsitektur Ivy Bridge dan tiga prosesor Xeon Phi. Jika digabungkan, keduanya menghasilkan 3.120.000 inti komputasi," kata situs Top 500, pihak penguji superkomputer.

2. Titan

Oak Ridge National Laboratorium mengemukakan Amerika Serikat pernah mengeluarkan bahan baku atom pertama kali pada perang dunia II, dan itu adalah superkomputer tercepat bernama Titan yang dibuat oleh Cray.
super computer titan
super computer titan

Itulah Superkomputer pertama yang masih ada dan diproduksi menggunakan AMD 2.2 GHz Opteron 6274 16C untuk menghasilkan kinerja 17,6 petaflops. Kecepatannya yang mungkin tidak bisa secepat Tianhe-2, namun upaya tersebut kurang lebih sama dengan Tianhe-2, setidaknya Titan lebih hemat daya listrik.

3. Sequoia


super computer sequoia
super computer sequoia
Superkomputer tercepat ketiga adalah Sequoia, yang memiliki kecepatan 20 petaflop. Sequoia adalah bagian dari IBM Blue Gene Design. Meskipun untuk saat ini Sequoia tidak menjadi nomor satu, IBM memiliki rencana untuk mengambil alih peringkat nomor satu pada tahun 2017. Saat ini Sequoia beroperasi di Lawrence Livermore National Laboratory dengan kekuatan prosesor 1.6GHz BQC 16C dan mampu mensimulasikan 17.17 petaflops ledakan nuklir.

4. K-Computer


super computer K-computer
super computer K-computer


Peringkat keempat Superkomputer tercepat di dunia adalah K-Computer yang dikembangkan oleh lembaga riset terkemuka Jepang, yaitu Fujitsu Riken. Lembaga tersebut memiliki tujuan, menjadikan komputer yang dikembangkannya sebagai salah satu superkomputer paling kuat di dunia, dan terbukti K-Computer menduduki peringkat ke-4 di Top 500 Supercomputer List.
K-Computer memiliki kecepatan 11,870,20 kW dan Processor: SPARC64 VIIIfx 8C 2Ghz. SPARC dulu menjadi sistem operasi di Solaris, namun tidak pernah masuk dalam Top 500 Supercomputer. Ketika SPARC dipakai menjadi sistem operasi K-Computer, SPARC harus berterimakasih kepada Jepang karena bisa masuk dalam Top 500. K-Computer digunakan untuk mengatasi energi, kesinambungan hidup, pelayanan kesehatan, perubahan iklim, industri dan berbagai tantangan yang dihadapi masyarakat saat ini.

5. Mira Blue Gene


super computer mira
super computer mira 
Komputer kelima tercepat di dunia adalah Mira Blue Gene yang juga masih bagian dari IBM. Superkomputer ini miliki kemampuan 10 kuadriliun perhitungan per detik. Dengan kemampuan menghitung seperti ini, Mira bisa melakukan perhitungan dalam satu hari, jika dibandingkan dengan komputer pribadi akan memakan waktu rata-rata 20 tahun. Kekuatan yang dimilikinya kurang lebih 786,000 1.6GHz BCQ 16C core yang bekerja pada simulasi masalah di US Argonne National Laboratory, kecepatannya mendekati 8.6 petaflops.

6. CSCS Piz Daint

super computer CSCS
super computer CSCS
Komputer Eropa yang menempati posisi ke-6 komputer tercepat di dunia adalah CSS Piz Daint. Komputer ini dirancang oleh Cray di Lugano-Cornaredo, Switzerland. Selain merancang komputer Titan, Cray juga merancang computer CSCS Piz Daint. Sejauh ini kecepatan yang dimiliki adalah 6.3 petaflops. Kecepatan tersebut dihasilkan dari prosesor 2.6GHz Intel Xeon E5-2670 8C. Dengan spek seperti ini, pengguna akan sangat nyaman untuk menjalankan game. Namun selain itu komputer ini juga dirancang sebagai server khusus untuk menjalankan operasi matematika.

7. Juqueen (Julich Supercomputing Center, Jerman)

Super computer Juqueen
Super computer Juqueen

Menggunakan sistem Blue Gene/Q buatan IBM. Hadir dengan 458.752 inti dan mampu menyentuh kecepatan 5 teraflop. Menggunakan daya sebesar 2.301 killowats, Juqueen merupakan salah satu superkomputer hemat daya.

8. Vulcan (Lawrence Livermore National Laboratory, AS) 


Super computer Juqueen
Super computer Vulcan

Juga hadir dengan menggunakan teknologi Blue Gene/Q. Kecepatannya mampu menyentuh angka 4,3 petaflop dan memiliki 392.216 inti. Tidak digunakan untuk kepentingan pemerintah, melainkan untuk industri dan penelitian pihak universitas di Jerman.

9. SuperMuc (Leibniz Supercomputing Centre, Jerman)


Super computer SuperMuc
Super computer SuperMuc

Menggunakan server buatan IBM, iDataPlex, 300TB RAM, dan interconnect InfiniBand, SuperMuc memiliki 147.456 inci dan mampu mencapai kecepatan 2,9 petaflop.

10. Tianhe-1A (National Supercomputing Center, China)


super computer tianhe 1
super computer tianhe 1










Super computer tercepat Saudara tua Tianhe-2. Pernah menjadi tercepat pada November 2010 yang lalu. Produk ini menggunakan prosesor Intel Xeon dan GPU Nvidia dengan inti proses sebanyak 183.368 berkecepatan 2,6 petaflop.

Semoga suatu hari, Indonesia dapat menghasilkan superkomputer yang andal di tengah kompetisi dunia, tentu saja untuk tujuan pelayanan publik yang bermanfaat luas. 
Sumber: Steven J. Vaughan-Nichols, 

0 Response to "Inilah Super Computer Buatan China Yang Mengalahkan Amerika"

Post a Comment